Perbedaan Penting iOS dan iPadOS Pada iPad

Posted on

Perbedaan iOS dan iPadOS Pada iPadDua Hp, Pada pergelaran WWDC 2019 yang diselenggarakan resmi oleh Apple, mereka memperkenalkan update terbaru untuk iOS 13. Selain itu, Apple juga memperkenalkan iPadOS khusus untuk iPad. Hal ini cukup mengejutkan karena sejak pertama kali iPad dirilis, Apple selalu menggunakan iOS untuk semua lini di iPad.

Apple belum secara resmi merilis iOS 13 dan iPadOS kepada khalayak publik, kamu harus sabar menunggu sampai Apple resmi merilis dan dapat di unduh oleh para pengguna iPhone dan iPad yang mempunyai spesifikasi mendukung. Namun, Apple baru merilis iOS 13 versi beta dan iPadOS untuk para  pengguna yang terdaftar dalam program Apple Developer.

Apakah iOS dan iPadOS berbeda? Ya jelas berbeda bung! Jika berbeda, lalu apa saja perbedaan nya?

Perbedaan iOS dan iPadOS Pada iPad

Perbedaan iOS dan iPadOS Pada iPad

Advertisement

Berikut kami akan menjelaskan perbedaan iOS dan iPadOS yang harus kamu tahu.

1. Perangkat

Perbedaan pertama adalah dukungan perangkat. iPadOS, seperti nama nya adalah sistem operasi yang di buat khusus untuk pengguna iPad. Sedangkan iOS, adalah sistem operasi yang digunakan untuk iPhone dan juga iPad touch. Di awal perilisan nya, dulu iOS sebenarnya dirancang untuk iPhone dengan nama iPhoneOS.

Advertisement

Namun pada tahun 2010, Apple merubah nama dari iPhoneOS menjadi iOS karena digunakan juga untuk iPad dan iPad touch ketika sistem operasi tersebut sudah di versi iOS 4. Tidak bisa dipungkiri, mungkin saja di tahun yang akan datang Apple akan membuat sistem operasi khusus untuk iPhone dengan nama iPhoneOS. Karena memang iPhone dan iPad memiliki keunikan masing-masing, sehingga dengan nama sistem operasi dari kedua nya akan lebih konsisten dalam mengembangkan iPhone atau iPad. Bisa saja kan?

Baca juga  8 Hp Termahal di Indonesia yang Terbukti Canggih dan Berkelas

2. Project Catalist

Project Catalist merupakan fitur terbaru yang dirilis Apple yang berfungsi untuk para developer games atau aplikasi dapat dengan mudah porting game dan aplikasi buatan mereka yang telah kompatibel dengan iPad menuju macOS sehingga aplikasi dan games tersebut dapat dijalankan di lini komputer Mac. Developer hanya merubah beberapa komponen yang diperlukan agar bisa selaras dengan user experience dan user interface yang ada pada Mac.

Nah, program Project Catalist ini masih fokus untuk porting aplikasi Ipad ke Mac. Untuk aplikasi iPhone, Project Catalist sendiri belum mendukung untuk porting aplikasi iPhone ke Mac. Ada kemungkinan juga Apple akan menciptakan iOS khusus untuk iPhone sehingga bisa mendukung Project Catalist untuk memporting aplikasi atau game iPhone ke Mac. Mungkin tahun depan? Tunggu saja tanggal main nya lah bung.

3. iPadOS mirip OS Desktop

Fitur yang tersedia baik di iPad atau Iphone tidak selalu sama. Kadang ada fitur yang cuma dirilis di iPad, kadang juga ada fiitur yang hanya tersedia di iPhone, kadang iPhone merilis fitur terlebih dahulu dan begitupun kadang sebaliknya, iPad merilis fitur terlebih dahulu.

Pada iOS di iPad, lebih fokus pada tablet, dengan layar yang lebih lebar dari iPhone. Dan dengan iPadOS, sekarang iPad lebih mirip dengan laptop yaitu menggunakan sistem operasi kelas desktop. Dengan iPadOS, beberapa hal seperti membaca drive eksternal, menggunakan keyboard dan menjalankan drive eksternal sekarang bisa di jalankan di iPad. Karena hal tersebut, maka iPadOs yang digunakan khusus untuk iPad lebih mirip menyerupai desktop komputer Mac.

Itulah beberapa perbedaan penting antara iOS dan iPadOS pada iPad.

Baca juga  Perbedaan iPhone 6 vs iPhone 6s, Lebih Canggih Mana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *