Cara menggunakan Alat Flash Android untuk menginstal pembaruan

Untuk sebagian besar, mendapatkan pembaruan Android semudah memperbarui aplikasi di ponsel Anda. Buka Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem di perangkat Android apa pun dan Anda bisa mendapatkan versi terbaru dari apa yang telah disiapkan pabrikan perangkat untuk Anda langsung dari layar ini. Secara umum, perangkat Google Pixel adalah yang pertama menerima pembaruan Android atau patch keamanan terbaru yang dikirim setiap bulan ke perangkat yang kompatibel, tetapi dalam program beta Android, implementasinya bekerja secara berbeda.

Jika karena alasan tertentu Anda tidak dapat menginstal pembaruan Android terbaru di ponsel Pixel, Google menawarkan Android Flash Tool, aplikasi web yang memungkinkan Anda memperbarui versi baru Android secara manual (termasuk pratinjau pengembang) tanpa menunggu. pembaruan tersedia di ponsel Anda. Keuntungan dari alat ini adalah Anda juga dapat menggunakannya untuk menurunkan perangkat Anda ke versi Android sebelumnya kapan saja tanpa perlu membuka kunci bootloader Anda atau menggunakan command prompt atau alat platform.

Dalam posting ini, kami akan memandu Anda melalui semua langkah yang perlu Anda ambil untuk mem-flash ponsel Anda menggunakan Android Flash Tool.

persyaratan sebelumnya

Untuk memulai proses mem-flash pembaruan secara manual dengan Android Flash Tool, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki hal-hal berikut secara berurutan.

  • Peramban web yang didukung: Untuk saat ini, Alat Flash Android hanya berfungsi pada Google Chrome, tepi microsoftkamu Opera karena browser ini mendukung WebUSB untuk berkomunikasi dengan perangkat melalui antarmuka USB. Untuk hasil terbaik, kami sarankan untuk tetap menggunakan Chrome untuk memastikan tidak ada yang salah.
  • Komputer desktop yang menjalankan macOS, Windows, Linux, atau Chrome OS
  • Ponsel Google Pixel
  • Kabel data USB untuk menghubungkan ponsel dan desktop
  • Koneksi internet aktif

Selain persyaratan ini, sangat penting bagi Anda untuk mencadangkan semua data penting dari ponsel Pixel ke perangkat penyimpanan atau layanan cloud, sehingga Anda dapat mengaksesnya lagi setelah pembaruan selesai. Jika Anda tidak tahu, firmware berkedip menggunakan alat flash android hapus semua data di ponsel Andajadi Anda akan kehilangan semua yang tersimpan di penyimpanan internal perangkat Anda.

Mempersiapkan perangkat Android Anda

Sebelum melanjutkan untuk menginstal pembaruan dengan Alat Flash Android, ada beberapa hal yang perlu diingat.

Langkah 1Aktifkan Opsi Pengembang

Hal pertama adalah memastikan bahwa Anda telah mengaktifkan opsi pengembang di perangkat Android Anda yang diperlukan untuk mengaktifkan alat lain sebelum proses instalasi. Opsi Pengembang adalah gerbang yang memungkinkan Anda mengubah perilaku sistem di Android yang tanpanya Anda tidak akan dapat membuat sambungan antara perangkat dan komputer.

Jika Anda belum mengaktifkan opsi pengembang, Anda dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan aplikasi dan pergi ke Tentang telepon.

Gulir ke bawah layar berikutnya dan ketuk pada nomor bangunan berulang-ulang sebanyak 7 kali.

Itu harus mengaktifkan opsi Pengembang di perangkat Android Anda.

Langkah 2 – Nyalakan USB debugging

Setelah Opsi Pengembang diaktifkan, Anda harus mengaktifkan debugging USB untuk memastikan bahwa Android Flash Tool dapat mengenali perangkat Anda saat terhubung ke port USB desktop Anda. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan aplikasi dan pergi ke Sistem.

Dalam Sistemgulir ke bawah dan pilih opsi pengembang.

Di layar berikutnya, gulir ke bawah dan nyalakan Sakelar debug USB.

Pada pesan yang muncul, ketuk baik untuk mengkonfirmasi tindakan.

USB debugging akan diaktifkan pada perangkat Anda.

Langkah 3Aktifkan buka kunci OEM

Opsi lain yang perlu Anda aktifkan adalah bootloader perangkat Anda untuk menonaktifkan fitur perlindungan untuk menginstal versi terbaru di Android. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > Sistem > opsi pengembang.

Dalam opsi pengembang, gulir ke bawah dan nyalakan Buka Kunci OEM tuas.

Anda sekarang akan ditanya apakah Anda ingin mengizinkan pembukaan kunci bootloader. Ketuk Memungkinkan untuk mengkonfirmasi tindakan Anda.

Buka kunci OEM sekarang akan diaktifkan dan perangkat Anda sekarang siap digunakan dengan alat Flash Android.

mempersiapkan meja Anda

Langkah 4 – Gunakan browser yang didukung dan instal driver USB Google

Sekarang setelah Anda menyiapkan perangkat Android Anda, Anda perlu memastikan bahwa semuanya sudah siap di sisi desktop. Pastikan Anda telah menginstal Google Chrome atau browser web yang kompatibel di komputer Anda untuk memulai.

Di komputer Mac, Linux, atau Chrome OS, Anda tidak perlu menginstal apa pun selain browser yang didukung.

Untuk komputer Windows, unduh driver USB Google dari tautan ini dan ikuti instruksi yang diberikan di sini.

(Driver mungkin sudah terinstal di perangkat Anda. Jika ponsel terhubung dengan baik dan dapat mentransfer foto, maka Anda dapat melewati langkah ini. Jika ada masalah dalam proses nanti di mana perangkat tidak terdeteksi, maka instal driver terlebih dahulu dan kemudian coba proses di bawah ini lagi setelah itu).

Cara menginstal pembaruan Android menggunakan Android Flash Tool

Saat perangkat Android dan komputer sudah siap, sambungkan menggunakan kabel USB yang disertakan dengan perangkat Anda. Setelah terhubung, buka Google Chrome (atau browser yang didukung) di komputer Anda, buka flash.android.com dan klik Awal pada layar splash yang memuat.

Ini akan membuka pesan yang memberi tahu Anda untuk memberikan akses ke kunci ADB komputer Anda, tetapi karena pop-up diblokir di sebagian besar browser, Anda harus mengaktifkannya secara manual di situs web ini. Di Google Chrome, Anda akan melihat pesan “popup diblokir” atau ikon persegi dengan titik merah di sudut kanan atas. Klik ikon kotak ini untuk membuka munculan yang diblokir oleh Chrome.

Saat popup ini dimuat, pilih Selalu izinkan munculan dan pengalihan lalu klik Selesai.

Sekarang Anda telah mengaktifkan pop-up untuk situs web ini, klik tampilkan dialog lagi di latar belakang.

Di jendela pop-up yang muncul, klik Izinkan akses ADB.

Ini akan mengirimkan prompt ke perangkat Android Anda yang menunjukkan kunci ADB komputer Anda di ponsel Anda. Dalam pesan ini, ketuk Mengizinkan.

Sekarang kembali ke komputer Anda, klik Tambahkan perangkat baru di kotak “Pilih bangunan”.

Anda akan melihat popup di bagian atas, daftar perangkat Android yang terhubung dengan komputer Anda. Dalam daftar ini, pilih perangkat yang ingin Anda perbarui dan klik Menghubung.

Ponsel Pixel Anda sekarang akan muncul di bagian “Perangkat yang Dipilih” sebagai “Terhubung”.

Pada layar ini, pilih build Android yang ingin Anda instal di ponsel Anda. Di antara opsi yang dapat dipilih, Anda akan melihat build publik dan beta di bagian “Pengaturan Populer”. Jika Anda ingin memperbarui perangkat Anda ke versi beta terbaru, Anda dapat memilihnya di bagian Versi Beta.

Untuk memperbarui Pixel ke versi stabil di Android, klik lebih banyak rilis dari bagian ‘Pengumuman Publik’.

Pada layar berikutnya, pilih versi Android yang ingin Anda instal di bagian “Versi yang Tersedia”.

Build yang dipilih sekarang akan dimuat di layar dan nomor build-nya akan muncul di bawah “Selected Build” bersama dengan nama perangkat, versi Android, tingkat API, dan informasi patch keamanan.

Anda juga akan melihat kata “Wipe”, “Lock”, dan “Force Flash” di bagian yang sama, yang menunjukkan bahwa data piksel Anda akan dihapus sepenuhnya, bootloader perangkat Anda akan dikunci setelah penginstalan, dan semua partisi dari build yang dipilih akan dihapus. di-flash dengan keras. Untuk mengkonfigurasi instalasi sendiri, klik ikon pensil di sisi kanan nomor build.

Di sini, pilih opsi yang ingin Anda pilih. Jika Anda sudah selesai menyesuaikan atau tidak ingin mengubah opsi ini, klik Instal build.

Proses instalasi sekarang akan dimulai dan perangkat Pixel Anda akan reboot dan boot ke mode boot cepat. Tunggu pembaruan untuk menginstal, dan setelah selesai, Anda akan melihat pesan Flash Complete muncul. Ketika ya, putuskan sambungan telepon Anda dari meja dan lanjutkan dengan proses penyiapan di telepon Anda, mirip dengan yang Anda lakukan saat memformatnya.

Itu saja yang perlu Anda ketahui tentang memperbarui ponsel Anda dengan Android Flash Tool.