Kenapa Hp Tidak Bisa di Cas? Cek Cara Mengatasinya

Mungkin ada situasi di mana ponsel Kamu tidak bisa di cas / charge dengan benar, yaitu, tidak mengisi daya dengan cepat atau tidak mengisi daya sama sekali. Dan mungkin kamu bertanya tanya kenapa hp tidak bisa di cas?

Bagaimanapun, solusi untuk masalah smartphone atau gadget apa pun yang tidak bisa dicas dengan benar sejatinya cukup mudah. Di sini, kami memiliki beberapa masalah umum dan lain-lain yang menyebabkan hp tidak mengisi daya dengan benar. Silakan simak sampai selesai artikelnya

Baca: Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di HP Android

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa di Cas

cara mengatasi hp tidak bisa di cas

Menyalakan ulang / Restart

Menyalakan ulang atau restart hp adalah solusi umum untuk semua masalah yang muncul pada ponsel cerdas. Cukup restart hp Kamu untuk memeriksa apakah itu berfungsi dengan baik dan masukkan kembali kabel pengisi daya untuk memeriksa apakah itu berfungsi dengan benar.

Merestart ulang membantu menyegarkan semua komponen inti ponsel Kamu dan memperbaiki jika ada masalah yang dapat diperbaiki di komponen perangkat keras.

Coba Mengisi Daya dalam Mode Aman

Mungkin ada sejumlah aplikasi pihak ketiga yang terpasang di ponsel Kamu. Terkadang, aplikasi inilah yang menyebabkan masalah. Selalu unduh dan instal aplikasi android atau iphone kamu dari sumber tepercaya seperti google play store atau ios apps store.

Kamu bisa mulai dengan menghapus aplikasi terbaru dan coba isi daya. Jika masih tidak berfungsi, reboot ke mode aman dengan mengklik dan matikan dan tahan tombol daya. Ini akan merestart ponsel Kamu ke mode aman.

Jika sedang diisi, seperti biasa, masalahnya ada pada aplikasi yang Kamu miliki di ponsel Kamu. Pastikan untuk memeriksa setiap aplikasi pihak ketiga dan mencopot pemasangan yang mencurigakan. Kamu cukup keluar dari mode aman dengan mengklik restart ketika prompt muncul.

Instal Ampere

Salah satu cara lain untuk memeriksa apakah handphone Kamu sedang diisi dayanya atau tidak adalah dengan menginstal dan menggunakan aplikasi Ampere. Aplikasi ini akan menunjukkan status baterai dan detail pengisian daya yang sesuai. Jika pengisi daya Kamu yang menjadi pelakunya, Kamu dapat dengan cepat mengidentifikasi dengan aplikasi ini. Ini menunjukkan tingkat saat ini yang diambil dari adaptor Kamu ke telepon Kamu.

Periksa kabel dan port pengisian daya ponsel

Setelah lama hp kamu pakai, mungkin ada akumulasi debu dan partikel kecil lainnya tersangkut di port. Debu atau partikel seperti serat dari kantong juga bisa menjadi alasan kenapa hp tidak bisa di cas dengan benar.

Yang harus Kamu lakukan adalah, cukup periksa port untuk debu, dan coba tiup dengan keras dan ambil tusuk gigi atau sikat gigi bekas yang dapat Kamu gunakan untuk membersihkan port dengan lembut. Jika masalahnya adalah debu, ini tentu akan membantu Kamu. Jika masih tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Ganti Soket, Kabel dan Adaptor

Setelah memeriksa semua poin di atas, jika ponsel Kamu belum mengisi daya sesuai harapan, masalahnya mungkin pada soket atau kabel atau adaptor itu sendiri. Pertama, coba alihkan soket daya dari tempat Kamu mencoba mengisi daya karena masalahnya mungkin pada level output saat ini. Jika pengisian daya dari soket yang berbeda tidak berfungsi dengan baik, coba gunakan kabel dan adaptor yang berbeda dan coba lagi cas hpnya.

Jika handphone Kamu mendukung pengisian cepat dan tidak mengisi daya dengan cepat, masalahnya biasanya pada kabel atau port atau adaptor. Coba pinjam adaptor dan coba ke hp kamu. Jika Kamu menemukan masalah pada kabel atau adaptor, solusinya adalah mengganti kabel atau adaptor dengan yang berkualitas.

Setel ulang / Reset Hp Kamu

Ini adalah solusi terakhir yang bisa Kamu pilih jika Kamu tidak yakin apakah masalahnya terkait dengan perangkat lunak atau perangkat keras. Jika komponen perangkat keras tampak baik-baik saja, masih ada sedikit kemungkinan bahwa salah satu bagian dalam mungkin rusak.

Tetapi, jika Kamu ingin melanjutkan dan mengatur ulang ponsel Kamu, pastikan Kamu telah membuat cadangan data sebelum melakukannya, agar data Kamu tidak hilang. Kamu dapat mencadangkan ponsel Kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau melalui pengaturan ponsel Kamu dengan memilih data yang ingin Kamu cadangkan. Lakukan hard reset dan periksa apakah setelah ini hp kamu bisa di cas kembali atau tidak.

Bawa ke Service Center

Terakhir, jika ponsel tidak mengisi daya bahkan setelah hard reset, satu-satunya cara untuk memeriksanya adalah dengan pergi ke pusat layanan dan melaporkan perangkat beserta masalahnya. Mereka akan memecahkan masalah kenapa hp tidak bisa di cas dan memperbaikinya, apa pun masalahnya. Kamu hanya perlu berharap untuk mendapatkan hp kamu bisa kembali lebih awal setelah disetel.

Semoga setelah mengikuti langkah – langkah di atas dapat mengatasi masalah hp tidak bisa di cas.