Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti di HP Xiaomi – Sebagai pengguna smartphone android, kita bisa menemukan berbagai aplikasi dan fitur canggih di dalamnya. Beberapa aplikasi ada yang tersedia secara default di HP android, baik itu aplikasi sistem ataupun aplikasi tambahan yang memaksimalkan fungsi dari perangkat HP tersebut. Salah satu aplikasi bawaan yang ada di HP android yakni Layanan Google Play.

Layanan Google Play sendiri berbeda dengan Google Play, yang mana layanan ini berfungsi untuk menghubungkan aplikasi dengan layanan Google Lainnya. Fungsinya yang penting tentu akan membuat HP tidak berfungsi maksimal jika Layanan Google Play tersebut mengalami error, misalnya saja aplikasi yang terus berhenti. Masalah seperti ini bisa terjadi di merek dan tipe HP apa saja, termasuk di HP Xiaomi. Berikut ini cara mengatasi Layanan Google Play terus berhenti di HP Xiaomi yang bisa Anda terapkan.

Baca: cara Mengatasi Masalah Error RH-01 Google Play Store

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti di HP Xiaomi

 

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti di HP Xiaomi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah error pada Layanan Google Play yang membuatnya terus berhenti dan keluar sendiri. Adapun beberapa cara mengatasi Layanan Google Play Terus berhenti di HP Xiaomi tersebut, yakni:

Baca juga  Syarat Hp Android Untuk Bermain Pokemon Go

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang paling mudah dan praktis untuk mengatasi Google Play Service telah berhenti yakni dengan melakukan restart. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi masalah error tersebut. Tidak hanya itu, masalah error ringan lainnya yang terjadi di HP android ternyata juga bisa diatasi dengan cara ini.

Selain mengatasi masalah error sistem, melakukan restart juga akan mempercepat performa kinerja HP sehingga membuatnya lebih responsive saat digunakan.

2. Update Layanan Google Play ke Versi Terbaru

Menggunakan Layanan Google Play versi lawas biasanya memang sering terdapat bug dan menyebabkannya error, termasuk masalah aplikasi yang terus berhenti sendiri. Sebaiknya Anda lakukan pembaruan Layanan Google Play ke versi paling baru. Untuk cara melakukannya sendiri, sebagai berikut:

  • Buka menu Setelan atau Settings di HP Xiaomi.
  • Kemudian masuk ke opsi Kelola Aplikasi.
  • Selanjutnya klik ikon Tiga Titik di pojok kanan atas, lalu pilih Tampilkan Semua APL.
  • Sekarang Anda cari dan pilih Layanan Google Play atau Google Play Service.
  • Scroll ke bawah, lalu klik Rincian Aplikasi.
  • Jika memang ada versi terbaru, maka Anda klik tombol Update atau Perbarui.

3. Hapus Cache dan Data Layanan Google Play

Jika masih tetap Layanan Google Play terus berhenti, maka cara ketiga ini bisa dijadikan solusi. Anda bisa menghapus file cache dan data dari Layanan Google Play tersebut. Berikut ini langkah-langkahnya, yakni:

  • Buka menu Setelan di HP Xiaomi.
  • Klik pada opsi Kelola Aplikasi.
  • Cari dan pilih Layanan Google Play.
  • Masuk ke opsi Penyimpanan, kemudian klik Hapus Cache.
  • Jika sudah, klik Kembali ke halaman Layanan Google Play tadi.
  • Kemudian klik tombol Hapus Data yang ada di bagian bawah tampilan.
  • Akan muncul notifikasi pop up di bawah layar, lanjutkan dengan klik opsi Kelola Ruang.
  • Anda akan dibawa ke halaman baru untuk mengelola ruang Layanan Google Play. Selanjutnya Anda klik opsi HAPUS SEMUA DATA, kemudian konfirmasi penghapusan data dengan klik tombol OKE.
Baca juga  Ponsel Dengan Memori Internal 128Gb Murah, Kualitas Tinggi

Itulah tadi cara mengatasi Layanan Google Play terus berhenti di HP Xiaomi yang mudah dan ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.