Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di HP Android

Posted on

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di HP Android – Bagi pengguna hp android pasti sudah tidak asing lagi dengan kalimat “Sayangnya Aplikasi Telah berhenti” yang kerap kali muncul jika kita sedang membuka salah satu aplikasi. Tentunya hal ini membuat kita kesal karena menghambat aktivitas saat sedang berselancar dalam aplikasi tersebut.Ini beberapa yang sering dilaporkan oleh para pengguna hp android: sayangnya proses com google process gapps telah berhenti, layanan google play terhenti, sayangnya layanan google play telah berhenti, sayangnya setelan telah berhenti, sayangnya pengaturan telah berhenti, sayangnya kamera telah berhenti, dan masih banyak lagi. Bagaimana cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti? simak informasi berikut ini:

Apa penyebab dari masalah ini? Penyebabnya bisa dari berbagai faktor seperti:

  • cache sudah penuh,
  • aplikasi yang belum diperbarui,
  • memori RAM yang penuh,
  • jenis OS Android yang tidak sesuai dengan aplikasi,
  • dan masih banyak lagi

Dari empat penyebab diatas tentunya ada solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Saat mengikuti tahapannya perlu diperhatikan juga jangan sampai kalian menghapus data penting yang ada di aplikasi.  Oke langsung aja simak baik-baik cara mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” di HP Android berikut ini:

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti

Advertisement
  1. Bersihkan RAM Handphone Android

Memori RAM Hp android yang penuh sesak membuat aplikasi tidak lagi memiliki ruang untuk menampung data yang sedang dijalankan. Jika kalian memiliki memori RAM ponsel sebesar 1 GB saja tentu hal ini  akan sering terjadi.

Baca juga  Tema iPhone 7 untuk Hp Android

Rajin-rajinlah untuk membersihkan memori RAM kalian dengan cara:

Tekan Lama tombol home (tiap ponsel berbeda) > Muncul aplikasi yang sedang berjalan> Klik tombol X atau bersihkan. Bagaimana cukup mudah bukan?

  1. Coba MeRestart Ponsel  Android

Cara selanjutnya tentu sangat mudah dan dapat dilakukan oleh tipe ponsel apapun, sebab cukup dengan merestart saja. Dengan merestart ponsel notifikasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” akan berhenti  dengan sendirinya.

Coba untuk melakukan pengetesan setelah merestart dengan kembali membuka aplikasi yang mengalami force close tadi. Namun, jika masih saja muncul kalian bisa mencoba menggunakan cara lainnya.

  1. Hapus Cache yang ada di Hp Android

Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu cache, perlu tahu penjelasan berikut ini agar tidak salah dalam menghapus data. Jadi, cache merupakan sebuah tempat penyimpanan sementara yang menyimpan data dengan tipe tertentu.

Advertisement

Data chace ini juga dapat mempercepat loading saat membuka aplikasi untuk yang kedua kalinya. Hal ini disebabkan karena data pada saat membuka aplikasi pertama kali sudah disimpan dalam cache. Namun, jika data dalam chace sudah semakin banyak dan penuh akan mengakibatkan kinerja ponsel kalian menjadi lambat.

Melambatnya ponsel ini bisa berakibat pada aplikasi ponsel seringkali mengalami force close atau muncul notifikasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti”.

Agar ponsel tidak semakin melambat perlu kiranya untuk segera melakukan pembersihan cache dengan cara mudah berikut ini tanpa menggunakan aplikasi penunjang  lain.

Cara yang pertama cukup dengan masuk ke menu  Pengaturan > Menu aplikasi > Pilih aplikasi yang ingin kalian hapus data cachenya.

Cara yang kedua masih di menu Pengaturan > Menu Penyimpanan > Klik Data Dalam Chache > Klik Oke untuk menghapus

  1. Matikan Aplikasi Android yang sedang berjalan

Menumpuknya aplikasi android yang sedang berjalan ini bisa menjadi sebab munculnya notifikasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti”. Aplikasi yang sedang berjalan ini tentunya memakan ruang dalam memori RAM ponsel kalian. Oleh karena itu kalian perlu memberhentikan paksa aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.

Baca juga  Cara Membuat Nickname Mobile Legend Unik dan Keren

Tetapi jika tidak hati-hati dalam memberhentikan paksa aplikasi akan mengakibatkan Data dalam aplikasi itu menghilang loh, bahkan bisa mempengaruhi kualitas OS ponsel kalian. Agar terhindar dari hal buruk tersebut maka kalian perlu memilih terlebih dahulu aplikasinya.

Usahakan hindari memberhentikan aplikasi yang berasal dari sistem android, kemudian pilih aplikasi yang benar-benar tidak pernah kalian gunakan atau dirasa tidak penting saja, dan tips yang terakhir pentingnya memback-up terlebih dahulu data yang ada di aplikasi tersebut sebelum memberhentikan paksa.

  1. Memperbaharui Aplikasi Android

Cara berikut ini bisa juga kalian coba, sebab mungkin saja dengan munculnya notifikasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” disebabkan karena aplikasi tersebut lah yang masih menggunakan versi lama.

Cobalah untuk membuka aplikasi Google Playstore > search aplikasi yang mengalami force close tersebut dan kemudian perbaharui aplikasi tersebut.  Jia sudah selesai menginstal maka coba lah untuk membuka aplikasi itu kembali. Bagaimana, Cukup mudah bukan?

Atau kalau mau lebih jelas lagi, bisa lihat video tutorial yang sudah dishare sebelumnya di channel youtube kang tutorial berikut ini:

Itulah cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti pada ponsel anda. Jangan lupakan tips untuk selalu mem-backup data terlebih dahulu saat ingin melakukan pembersihan data.

 

Tags List: menghilangkan sayangnya telah berhenti pd hp vivo, sayangnya vpn telah berhenti pd hp tablet asus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *