Cara Mempercepat Koneksi Internet Smartfren 4G Anti Lemot

Jaringan 4G LTE kini semakin dielu-elukan pengguna internet karena mampu mengakses dunia maya secara cepat tanpa gangguan. Berbagai provider seluler pun menghadirkan sim card dengan dukungan jaringan 4G, salah satunya Smartfren. Meski didukung jaringan 4G, koneksi internet Smartfren masih lemot. Jika tak segera ditangani, hal tersebut jelas menjengkelkan. Maka dari itu, pastikan anda mempraktekkan cara mempercepat koneksi internet Smartfren 4G agar bisa merasakan kelancaran browsing maupun hal lain yang berkaitan dengan dunia internet.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Smartfren 4G Anti Lemot

Cara Mempercepat Koneksi Internet Smartfren 4G

Berikut adalah beberapa cara mempercepat koneksi internet Smartfren 4G selengkapnya untuk anda.

Setting Access Point Names

Setting Access Point Names atau APN bisa anda lakukan untuk mempercepat koneksi internet Smartfren 4G. Caranya, anda tambahkan APN Smartfren baru di hp android. Untuk menambahkannya, anda buka menu settings di hp android. Setelah itu, anda pilih celular networks atau mobile networks settings. Jika sudah, anda pilih menu Access Point Names. Anda harus memastikan telah memilih APN sesuai dengan slot kartu sim. Misalnya, jika anda memakai kartu Smartfren slot sim 2, maka pilih networks, sim 2, dan klik access point name. Kemudian silahkan pilih Add Access Point. Apabila sudah berhasil menambahkannya, silahkan anda isi APN sesuai dengan keinginan dan pilih Save untuk menyimpannya.

Advertisement

Adapun dalam setting Access Point Names, pastikan anda mengisinya dengan data-data di bawah ini:

Advertisement

Nama : smartFren4G
APN: smartfren4G
Port : kosongkan
Proxy : kosongkan
Nama Pengguna : smartfren
Sandi : smartfren
MMSC : http://10.17.93.103:8080
Server : kosongkan
Proxy MMS 10.17.27.250
Port MMS :8080
MNC : 09
MCC : 510
Jenis autentikasi : PAP or chap
Jenis apn : default,mms,supl
Protokol APN : IPv4/ipv6
Bearer : Unspecisified Atau bisa pilih LTE
Protokol Roaming APN : IPv4
MVNO : tidak perlu di set

Setting DNS Benchmark

Selain setting Access Point Names, cara mempercepat koneksi internet Smartfren 4G lainnya ialah dengan setting DNS Benchmark. Caranya, anda download software DNS Benchmark. Tipe software yang satu ini berupa portable sehingga tak perlu instalasi. Kemudian buka program DNS Benchmark dan pilih pada menu Nameservers. Setelah itu, klik pada Run Benchmark. Tunggu hingga proses pencarian DNS selesai. Mungkin hal tersebut akan memakan waktu lama apabila koneksinya lemot.

Baca juga  Cara Mengubah Kuota Videomax Menjadi Kuota Flash Dengan Anonytun Telkomsel

Apabila proses pencarian selesai, anda bisa melihat beberapa daftar DNS. DNS yang warnanya kecoklatan sudah tak bisa dipakai, sementara DNS yang warnanya hitam masih bisa digunakan. Anda cari DNS yang grafik biru dan hijau karena masih banyak atau panjang. Grafik dengan warna merah menjadi tanda bahwa bandwidth telah terpakai. Anda cari 2 DNS yang memiliki kemiripan sebagai primary dan secondary DNS. Misalnya saja DNS Google dengan primary DNS 8.8.8.8 dan secondary DNS 8.8.4.4.

Guna memasukkan DNS di Smartfren, anda buat setting profil internet baru dengan memanfaatkan pengaturan sebagai berikut:

Profile Name: Smart1
User name: smart
Access Number: #777
Password: smart

Langkah selanjutnya, anda klik Advanced untuk tahapan pengaturan lebih lanjut. Dalam DNS Settings, anda pilih Static dan isikan 2 DNS yang berperan sebagai primary dan secondary DNS. Lalu klik OK. Setelah itu, anda pilih Save dan klik OK supaya bisa menyimpan pengaturan profil yang baru. Kemudian anda pilih profil internet yang sudah anda buat tadi, misalnya Smart1 dan klik Connect. Anda bisa mencoba untuk browsing dan merasakan perubahannya. Jika masih lemot, anda bisa gunakan DNS yang lain pada daftar DNS Benchmark. Ganti DNS Google dengan DNS yang lain.

Advertisement