Apa itu iPhone Refurbished, Rekondisi, dan CPO

iPhone Refurbished, Rekondisi, dan CPODua Hp, Mungkin kamu akan bertanya Apa itu iPhone Refurbished, iPhone Rekondisi, dan iPhone CPO atau Certified Pre-Owned?

Nah, bagi kamu yang sedang mencari tahu tentang semua itu, pada artikel ini kami akan menjelaskan secara rinci apa itu iPhone Refurbished, iPhone Rekondisi dan Iphone CPO. Biar kamu tidak salah ketika membeli handphone merk iPhone.

Apa itu iPhone Refurbished, Rekondisi, dan CPO

Simak penjelasan artikel di bawah ini untuk lebih memahami perbedaan iPhone Refurbished, Rekondisi, dan CPO.

perbedaan iphone asli refurbished dan rekondisi

1. iPhone refurbished atau rekondisi

Secara makna sebenarnya sama antara refurbished dengan rekondisi. Cuma perbedaan bahasa saja bung. Jadi gini, iPhone Refurbished adalah iPhone yang telah dibeli oleh seseorang, namun karena suatu hal semisal kerusakan atau masalah tertentu, atau juga karena memang si pembeli ingin menukar dengan produk iPhone lain, maka si pembeli tersebut mengembalikan iPhone tersebut. Nah, iPhone yang dikembalikan tersebut akan di cek kondisi nya, jika ada parts yang rusak maka akan diganti, jika ada parts yang bermasalah maka akan di perbaiki. Setelah kondisi normal seperti sedia kala, maka iPhone tersebut akan di jual kembali. Nah, iPhone hasil perbaikan tersebut dinamakan dengan iPhone rekondisi atau refurbished. Itu adalah pengertian dasar.

Lebih lanjut lagi, ada dua macam iPhone Refurbished. Yang pertama adalah iPhone Refurbished dari pihak diluar Apple, semisal dari rekondisi dari distributor, atau dari toko, atau juga dari pihak ketiga yang lain. Dan yang kedua adalah iPhone Refurbished dari pihak Apple yang telah memiliki Certified Refurbished atau Certified Pre-Owned alias CPO. Sudah jelas belum, bung?

Biasa nya iPhone Rekondisi atau Refurbished dari pihak ketika di luar Apple kurang memenuhi standar dan jaminan nya. Mungkin parts-parts yang rusak hanya di ganti ala kadarnya saja, asal bisa beroperasi saja. Mungkin juga malah iPhone yang rusak tersebut direkondisi dengan mengganti parts yang ori menjadi KW. Tapi semua itu tergantung oleh tempat yang merekondisi iPhone tersebut. Maka dari itu, ada baiknya kamu hati-hati ketika membeli iPhone Refurbished dari pihak lain di luar wewenang Apple.

2. iPhone CPO

CPO atau Certified Pre-Owned merupakan iPhone yang di rekondisi oleh pihak resmi dari perusahaan Apple. Selain disebut sebahai Certified Pre-Owned, biasa juga disebut dengan istilah certified refurbished.

Semisal ada seseorang yang membeli handphone merk iPhone, namun karena suatu hal maka si pembeli tersebut mengembalikan iPhone milik nya kepada pihak Apple resmi. Pihak Apple akan mengecek kondisi smartphone tersebut, jika ada kerusakan maka akan di ganti parts nya, diperbaiki kembali. Nah, setelah kembali normal lagi dan lolos testing standar kualitas Apple, maka ponsel tersebut di jual kembali dengan mengganti box lama ke box baru dengan di beri lebel CPO atau Certified Pre-Owned. Iphone CPO ini memiliki kualitas standar seperti iPhone yang lain, namun kamu bisa mendapatkan ponsel tersebut dengan harga yang lebih miring, alias murah.

3. Cara membedakan iPhone baru dengan iPhone Refurbished

Untuk membedakan mana iPhone yang baru dan iPhone Refurbished cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek box handphone tersebut. Jika box iPhone tersebut berwarna putih polos di bagian depan dan ada tulisan CPO atau Certified Pre-Owned, maka bisa dipastikan itu iPhone Refurbished.

Kamu juga bisa melakukan pengecekan lain, seperti setalah kamu menyalakan iPhone tersebut. Cara nya adalah dengan masuk ke menu setting, lalu pilih general, dan klik About and model. Jika iPhone milik mu memiliki seri depan M, maka itu iPhone baru. Jika seri depan N, maka itu iPhone replacement unit, dan jika seri depan F, maka itu iPhone Refurbished.

Cek juga yang ini: Cara Melacak iPhone Hilang

Itulah penjelasan tentang apa itu iPhone Refurbished, iPhone Rekondisi dan CPO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *