Cara meningkatkan akurasi lokasi di ponsel Android

Sejak smartphone hadir, pengguna telah menggunakan sensor GPS yang terpasang di dalamnya untuk mengetahui di mana mereka berada, menemukan tempat yang ingin mereka tuju, dan menentukan seberapa jauh mereka dari tempat lain. GPS atau Global Positioning System menggunakan sinyal radio untuk menentukan lokasi Anda relatif terhadap satelit GPS yang mengorbit bumi.

Ponsel Android memiliki apa yang mereka sebut unit penerima GPS yang mengumpulkan sinyal dari satelit ini untuk menemukan lokasi persis Anda. Ini penting karena lokasi yang akurat tidak hanya diperlukan untuk melacak perjalanan Anda, tetapi juga digunakan untuk mendapatkan hasil yang relevan saat Anda mencari sesuatu di Google, menelusuri situs web yang menampilkan konten regional, atau menerima peringatan bencana alam yang penting, seperti gempa bumi atau badai.

Jika Anda kesulitan menemukan lokasi Anda di Android, postingan ini akan membantu Anda meningkatkan akurasi lokasi perangkat Anda saat menggunakan Google Maps atau aplikasi lain yang terpasang di ponsel Anda.

Terkait: Cara melihat riwayat lokasi Anda di Android

1. Aktifkan lokasi Anda

Langkah pertama dalam meningkatkan akurasi lokasi perangkat Anda adalah mengaktifkan lokasi dalam pengaturan ponsel Anda. Untuk itu buka Pengaturan aplikasi di perangkat Android Anda dan buka Lokasi.

Di dalam lokasi, nyalakan gunakan lokasi tuas.

Anda juga dapat mengaktifkan lokasi dari bagian Pengaturan Cepat di ponsel Anda. Untuk melakukannya, geser ke bawah pada layar beranda Anda dan ketuk Ubin lokasi sampai menyala dan berbunyi “On”.

Ini akan memberi aplikasi akses ke lokasi Anda jika sebelumnya mereka diberikan izin tersebut.

Jika Anda telah mengaktifkan layanan lokasi di ponsel Android Anda, Anda akan bisa mendapatkan hasil pencarian berdasarkan lokasi Anda, berbagi keberadaan Anda dengan orang lain, menemukan zona waktu Anda, dan menentukan lokasi ponsel Anda dari perangkat lain jika Anda kehilangannya. .

2. Kalibrasi lokasi Anda di Google Maps

Jika ponsel Android Anda tidak disetel dengan benar untuk lokasi Anda saat ini, kompas ponsel Anda mungkin belum dikalibrasi dengan benar dan Anda mungkin perlu mengkalibrasinya secara manual untuk menyesuaikannya. Sebelum Anda melakukan ini, Anda harus memastikan bahwa Anda telah mengaktifkan opsi Gunakan Lokasi dari bagian sebelumnya. Saat Anda siap, buka peta google aplikasi di Android dan cari titik biru di peta. Titik biru ini adalah lokasi yang menurut ponsel Anda berada. Bila titik biru ini dikelilingi oleh lingkaran biru muda, artinya Google Maps tidak sepenuhnya yakin dengan lokasi Anda saat ini.

Untuk mengkalibrasi lokasi perangkat Anda, ketuk ini titik biru.

Jika GPS Anda belum dikalibrasi dengan benar, Anda akan melihat pesan “Akurasi lokasi rendah” di bagian bawah. Untuk meningkatkan akurasi lokasi, sentuh Menyesuaikan.

Sekarang angkat telepon Anda dan buat gerakan angka 8 dengan menggerakkannya. Ketika GPS perangkat Anda telah dikalibrasi, akurasi kompas akan ditampilkan sebagai “tinggi” di layar.

Ini berarti kompas perangkat Anda telah berhasil dikalibrasi.

3. Aktifkan Akurasi Lokasi Google

Jika ponsel Anda masih tidak dapat menentukan lokasi akurat Anda, Anda mungkin perlu mengaktifkan akurasi lokasi Google (atau mode akurasi tinggi pada perangkat lama) dalam setelan Android. Saat Akurasi Lokasi Google diaktifkan, ponsel Anda menggunakan data acak dari penerima GPS, Wi-Fi, jaringan seluler Anda, dan akselerometer untuk memperkirakan lokasi Anda yang benar.

Untuk mengaktifkan ini, buka pengaturan lokasi ponsel Anda dengan masuk ke Pengaturan > Lokasi.

Di dalam lokasi, ketuk layanan lokasi.

Di layar berikutnya, pilih Akurasi lokasi Google.

Di sini, nyalakan Tingkatkan akurasi lokasi tuas.

4. Gunakan lokasi yang tepat untuk aplikasi tertentu

Tidak semua aplikasi memerlukan akses ke lokasi akurat Anda dan yang terbaik adalah memberi mereka lokasi umum Anda untuk tujuan privasi. Untuk aplikasi yang perlu Anda gunakan untuk menemukan diri Anda dengan benar, seperti Google Maps, penting untuk memberi mereka hak istimewa lokasi yang tepat.

Jika menurut Anda aplikasi memerlukan akses ke lokasi akurat Anda, Anda dapat mengaktifkan akses lokasi akurat dengan membuka Pengaturan > Lokasi.

Di dalam lokasi, ketuk Izin lokasi aplikasi.

Pada layar ini, pilih aplikasi yang ingin Anda aktifkan lokasi tepatnya.

Selanjutnya, pastikan Anda telah mengizinkan aplikasi untuk mengakses lokasi Anda dengan memilih salah satu dari dua opsi ini: bertanya kapan saja salah satu Izinkan hanya saat menggunakan aplikasi.

Sekarang nyalakan Gunakan lokasi yang tepat Alihkan untuk mengizinkan aplikasi mengumpulkan lokasi tepat Anda alih-alih perkiraan lokasi.

5. Aktifkan pencarian Wi-Fi

Jika metode di atas tidak cukup untuk meningkatkan akurasi lokasi Anda di Android, Anda dapat menggunakan aplikasi di ponsel Anda untuk mendapatkan informasi lokasi yang lebih baik dengan mencari hotspot Wi-Fi di dekat Anda. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > Lokasi.

Di dalam lokasi, ketuk layanan lokasi.

Di sini, pilih pemindaian wifi.

Di layar berikutnya, aktifkan pemindaian wifi beralih di atas.

6. Aktifkan pemindaian Bluetooth

Sama seperti mencari hotspot Wi-Fi, ponsel Anda juga dapat meningkatkan akurasi lokasi dengan mencari perangkat Bluetooth di sekitar Anda. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > Lokasi.

Di dalam lokasi, ketuk layanan lokasi.

Di sini, pilih pemindaian bluetooth.

Di layar berikutnya, aktifkan pemindaian bluetooth beralih di atas.

7. Aktifkan layanan lokasi darurat

Ponsel Android juga menawarkan pengguna cara untuk mengirim koordinat lokasi mereka ke responden pertama jika terjadi keadaan darurat. Jika Android atau Layanan Lokasi Darurat ELS diaktifkan, ponsel Anda dapat mengirim lokasi Anda ke layanan darurat resmi saat Anda menelepon atau mengirim SMS ke nomor darurat lokal (911 di AS atau 112 di AS). Eropa). Lokasi yang dikirim melalui ELS ke layanan darurat berbeda dengan data lokasi yang Anda bagikan dengan Google Maps dan harus akurat agar first responder dapat lebih mudah menjangkau lokasi Anda.

Untuk mengaktifkan Layanan Lokasi Darurat di Android, buka Pengaturan > Lokasi.

Di dalam lokasi, ketuk layanan lokasi.

Di layar berikutnya, pilih Layanan pencari lokasi darurat.

Di sini, nyalakan Kirim Lokasi ELS tuas.

Saat ELS diaktifkan, perangkat Anda akan menggunakan lokasi Anda dan Akurasi Lokasi Google meskipun pengaturan ini telah dimatikan di ponsel Anda.

8. Simpan riwayat lokasi Anda

Untuk mendapatkan lokasi yang lebih akurat di Android, Anda dapat mengaktifkan Riwayat Lokasi Google di perangkat Anda. Saat Anda mengaktifkan Riwayat Lokasi Google, Google akan menyimpan koordinat lokasi Anda setiap kali mendeteksi perubahan di lokasi Anda. Google dapat membantu Anda memperkirakan keberadaan Anda berdasarkan riwayat lokasi Anda sebelumnya dan juga memberi Anda informasi waktu nyata tentang kapan harus pergi dan bagaimana menghindari lalu lintas.

Meskipun kami menyarankan untuk menonaktifkan Riwayat Lokasi Google karena alasan privasi, jika ponsel Android Anda mengalami kesulitan untuk menentukan lokasi yang tepat, melacak riwayat lokasi Anda dapat menjadi cara lain untuk meningkatkan akurasi lokasi ponsel Anda. Untuk mengaktifkan Riwayat Lokasi Google, buka Pengaturan aplikasi dan pergi ke Lokasi.

Di dalam lokasi, ketuk layanan lokasi.

Sekarang pilih Riwayat lokasi Google.

Di layar berikutnya, ketuk Lampu dalam ‘Riwayat Lokasi’.

Lalu ketuk Lampu lagi untuk mengkonfirmasi.

9. Beri perangkat Anda lebih banyak waktu

Saat Anda berbagi lokasi di perangkat Android melalui aplikasi, biarkan perangkat meluangkan waktu untuk menemukan lokasi Anda, karena hal itu dapat membuat perbedaan besar.

Misalnya, ketika Anda membagikan lokasi Anda saat ini di WhatsApp, itu dapat menampilkan lokasi Anda dengan akurasi 8 hingga 15 meter dalam hitungan detik. Tetapi jika Anda membiarkannya sekitar satu menit, Anda akan mendapatkan lokasi dalam jarak 4-5 meter. Jadi cukup menunggu dan membiarkan sistem melakukan tugasnya dapat memberi Anda lokasi yang lebih akurat.


Ini akan mengaktifkan riwayat lokasi untuk perangkat Anda di akun Google Anda, dan mulai sekarang, Anda akan dapat melihat semua tempat yang Anda kunjungi di bagian Riwayat Lokasi akun Anda di sini.

Itu saja yang perlu Anda ketahui tentang cara meningkatkan akurasi lokasi di Android.