Cara berbagi status fokus dengan semua orang di iPhone

Dengan mode Fokus di iPhone, Anda dapat menyesuaikan dan menjadwalkan cara Anda ingin diberi tahu tentang panggilan, pesan, dan aplikasi sepanjang hari dengan tujuan semata-mata untuk menghindari gangguan dari orang dan aplikasi saat Anda sibuk melakukan hal-hal yang lebih penting.

Apa itu status fokus?

Saat Anda mengaktifkan rutinitas Fokus apa pun di iOS, iOS memperoleh kemampuan untuk memberi tahu siapa pun yang mengirimi Anda SMS bahwa Anda sedang sibuk dan bahwa setiap pesan yang mereka kirim akan diberi tahu. Inilah yang disebut Apple Status Fokus, dan ini diaktifkan saat Anda memilih rutinitas apa pun untuk diaktifkan di iPhone, iPad, atau Mac Anda.

Status Fokus menambahkan spanduk ke bagian bawah percakapan tempat Anda menjadi bagian dalam aplikasi Pesan. Namun, terserah Anda untuk memutuskan apakah Anda ingin menyiarkan bahwa Anda sedang pergi atau sibuk untuk menerima pesan teks. Status Fokus adalah cara sopan untuk memberi tahu orang-orang bahwa Anda sedang sibuk dengan sesuatu yang penting selama periode tersebut, semua pesan akan dikirimkan secara diam-diam kecuali Anda mengizinkan orang lain untuk mengabaikannya.

Terkait: Fitur iOS 16 Teratas Yang Harus Anda Ketahui

Berbagi Status Fokus adalah ide bagus dengan orang-orang yang menghargai waktu henti Anda dan tidak akan mengganggu Anda kecuali benar-benar diperlukan. Jika mereka memiliki sesuatu yang sangat penting untuk diberitahukan kepada Anda, mereka dapat memilih tetap beri tahu opsi yang menerima pesan Anda secara normal.

Terkait: Apa artinya berbagi status fokus?

Cara mengaktifkan berbagi Status Fokus

Untuk membagikan status fokus Anda, pengaturan fokus Anda harus dibagikan di semua perangkat Apple Anda. Saat Anda tidak membagikan latihan Fokus di antara perangkat Apple, Anda tidak akan dapat menggunakan Status Fokus pada latihan apa pun; sehingga orang yang mengirimi Anda pesan tidak akan melihat saat Anda sedang sibuk atau saat Focus aktif di iPhone Anda.

Untuk mengaktifkan berbagi Fokus, Anda harus pergi ke Pengaturan > Mendekati.

Di layar ini, aktifkan Bagikan di seluruh perangkat toggle sampai berubah menjadi hijau.

Setelah diaktifkan, buka fokus rutin Anda ingin berbagi status fokus dengan memilihnya di layar fokus.

Saat rutinitas fokus yang Anda pilih dimuat, sentuh keadaan fokus.

Untuk mengaktifkan Status Fokus untuk rutinitas ini, aktifkan Bagikan status fokus beralih di atas.

Anda mungkin ingin mengulangi langkah untuk semua rutinitas lain yang sering Anda gunakan sehingga status fokus dikirim ke orang yang mengirimi Anda pesan.

Terkait: Cara berbagi status fokus di iPhone

Cara berbagi Status Fokus dengan semua orang

Secara default, saat Anda mengaktifkan Status Fokus di iOS, status tersebut dibagikan dengan semua orang di daftar kontak Anda di iPhone. Jadi, setelah Anda menetapkan status fokus, Anda tidak perlu melakukan hal lain untuk membaginya dengan semua orang.

Itu berarti siapa pun yang mengirimi Anda SMS selama latihan Fokus akan dapat melihat bahwa notifikasi di iPhone Anda dibisukan. Peringatan ini akan muncul di bagian bawah percakapan dalam aplikasi Pesan.

Tetapi jika Anda secara manual mengecualikan kontak dari Berbagi Fokus, maka Anda tidak akan menerima pemberitahuan Status Fokus mereka.

Jika Anda mengetahui bahwa Status Fokus Anda tidak dibagikan dengan seseorang, pastikan Anda tidak menyisih dari aplikasi Pesan. Lihat panduan kami di bawah ini untuk itu.

Terkait: Daftar masalah mode fokus iOS 15

Cara menonaktifkan Status Fokus untuk seseorang atau mengaktifkannya kembali

Karena Status Fokus diaktifkan untuk semua orang secara default, Anda mungkin ingin menonaktifkannya untuk seseorang yang tidak ingin Anda bagikan status ini. Meskipun Anda dapat menambahkan kontak ini ke daftar yang diizinkan, Anda mungkin tidak ingin menerima pesan dari mereka selama rutinitas fokus.

Jika demikian, Anda dapat menonaktifkan Status Fokus untuk kontak dengan membuka Pesan aplikasi dan buka percakapan dengan kontak yang tidak ingin Anda bagikan Status Fokus.

Dalam percakapan, ketuk nama atau foto kontak di bagian atas layar.

Di layar berikutnya, matikan Bagikan status fokus tuas.

Ini akan mencegah status fokus Anda disiarkan di layar orang ini saat Anda mengirim pesan teks kepada mereka. Anda dapat mengulangi langkah di atas untuk menonaktifkan Status Fokus untuk orang lain.

Untuk mengaktifkan Berbagi Fokus dengan mereka, aktifkan Bagikan status fokus ke atas.

Mengapa status Bagikan Fokus tidak muncul dalam Pesan?

Jika opsi Bagikan Status Fokus tidak tersedia saat Anda mengakses informasi kontak seseorang dalam aplikasi Pesan, fitur tersebut mungkin dinonaktifkan secara default di iOS. Ini mungkin karena, di iOS 15.6 dan yang lebih baru, kemampuan untuk berbagi Fokus pada aplikasi Pesan dinonaktifkan secara otomatis saat Anda memperbarui iPhone ke iOS versi terbaru.

Saat dinonaktifkan, opsi Bagikan Status Fokus tidak akan muncul sama sekali saat mengakses informasi kontak seseorang di bawah “Kirim Tanda Terima Baca”.

Opsi Bagikan Status Fokus hanya akan muncul di Pesan saat Anda mengaktifkan kembali aplikasi Pesan dalam layar pengaturan privasi iOS. Saat diaktifkan, fitur berbagi akan muncul lagi, memungkinkan Anda untuk membagikan status Fokus Anda dengan orang yang dipilih.

Cara memperbaiki opsi Bagikan status fokus di Pesan

Untuk memperbaiki fitur Status Fokus Berbagi dan membuatnya berfungsi kembali, Anda harus mengaktifkan aplikasi Pesan dalam pengaturan privasi iOS. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan aplikasi di iPhone Anda.

Dalam Pengaturan, buka Privasi & Keamanan.

Pada layar ini, gulir ke bawah dan pilih Mendekati.

Di sini, Anda akan melihat aplikasi Pesan sebagai salah satu aplikasi tempat status Fokus Anda dapat dibagikan dengan orang lain. Untuk mengaktifkan fitur Bagikan status fokus dalam Pesan, aktifkan Pesan ubah ke “Dibagikan dengan”.

Sekarang Anda dapat kembali ke aplikasi Pesan dan mengetuk info kontak seseorang untuk memeriksa apakah opsi Bagikan status fokus terlihat di layar.

Siapa yang dapat melihat status fokus saya?

Saat Anda mengaktifkan Status Fokus, secara default, ini terlihat oleh semua orang yang mengirimi Anda pesan di iMessage. Hanya pengguna yang baru saja mengirimi Anda pesan melalui aplikasi Pesan yang dapat melihat apakah pesan mereka dibisukan atau tidak.

Jika Anda menambahkan seseorang ke daftar izin rutinitas Fokus, pesan mereka akan dikirim seperti biasa tanpa mereka tahu apakah Fokus saat ini aktif di perangkat mereka. Terlepas dari ini, orang lain tidak akan pernah tahu rutinitas Fokus apa yang telah Anda aktifkan di iPhone Anda.

Kapan seseorang dapat melihat status fokus saya?

Status fokus Anda muncul dalam percakapan dalam aplikasi Pesan untuk orang-orang yang baru saja Anda kirimi SMS. Saat seseorang mencoba mengirimi Anda SMS saat rutinitas Fokus aktif di iPhone, Anda akan melihat label “Pengiriman Senyap” tepat di bawah pesan yang Anda kirim.

Di bagian bawah layar obrolan, mereka juga akan melihat peringatan yang mengatakan “ Anda memiliki notifikasi yang dibisukan.”

Bisakah orang yang masuk daftar putih melihat status fokus saya?

Tidak. Saat Anda memasukkan kontak dalam daftar putih dalam Fokus, pesan mereka akan melewati rutinitas Fokus yang telah Anda aktifkan. Dengan cara ini, ketika seseorang yang Anda tambahkan di bawah “Orang yang Diizinkan” di Fokus mengirimi Anda pesan, Anda akan langsung menerima pesan mereka dengan cara yang sama seperti Anda akan menerima pesan dari siapa pun saat tidak ada rutinitas Fokus yang diterapkan di iPhone Anda.

Karena pesan yang dikirim dari kontak yang masuk daftar putih dikirim secara normal, kontak ini tidak akan melihat status fokus Anda; oleh karena itu, Anda tidak akan dapat mengetahui apakah rutinitas fokus telah diaktifkan di iPhone Anda.

Mengapa tidak ada yang bisa melihat status fokus saya?

Idealnya, Status Fokus, saat diaktifkan, akan aktif untuk semua orang yang mengirimi Anda pesan melalui aplikasi Pesan. Jika seseorang tidak dapat melihat Anda di bagian bawah utas percakapan, mungkin karena salah satu alasan berikut:

  • Anda belum mengaktifkan Berbagi Lintas Perangkat dalam Fokus; ini memaksa Status Fokus mati secara otomatis.
  • Anda belum mengaktifkan Status Fokus untuk rutinitas yang dipilih.
  • Anda telah menambahkan orang ini ke daftar yang diizinkan, jadi semua pesan dari orang ini dikirimkan kepada Anda secara normal.
  • Anda telah menambahkan aplikasi Pesan ke daftar aplikasi yang diizinkan. Dengan cara ini, Status Fokus tidak akan dibagikan dengan siapa pun yang mengirimi Anda pesan melalui iMessage.

Itu saja yang perlu Anda ketahui tentang cara berbagi Status Fokus dengan semua orang di iOS.

: