Cara Mengunci WhatsApp Dengan Sidik Jari dan ID Wajah

Cara Mengunci WhatsApp Dengan Sidik Jari dan ID Wajah di Android dan iPhoneDuaHp.com, WhatsApp, aplikasi perpesanan populer yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia, hadir dengan banyak fitur yang berfokus pada keamanan dan privasi. Aplikasi ini dilengkapi dengan enkripsi end-to-end untuk pesan, foto, video, pesan suara, dokumen, pembaruan status, dan panggilan. Juga, baru-baru ini perusahaan menambahkan opsi tampilan tunggal dan ada beberapa opsi privasi untuk menyembunyikan gambar profil Anda, membaca tanda terima, dan status dari orang-orang.

Sejalan dengan itu, WhatsApp juga mendapat opsi kunci sidik jari bawaan untuk melindungi percakapan pribadi Anda agar tidak terlihat oleh orang lain. Untuk menggunakan kunci sidik jari, Anda harus mengaktifkannya di pengaturan ponsel Anda. Opsi ini ada di semua ponsel Android yang menjalankan Android 6.0+. Dalam panduan ini, kita akan melihat bagaimana Anda dapat mengunci WhatsApp di Android dan iPhone menggunakan fitur bawaan WhatsApp serta opsi bawaan telepon. Yang terakhir berlaku untuk pengguna Android. Mari kita mulai.

Cek Juga: Cara Transfer Pesan WhatsApp dari iPhone ke Android

Cara Mengunci WhatsApp Dengan Sidik Jari dan ID Wajah

 

Cara mengaktifkan kunci sidik jari WhatsApp di Android

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Android Anda
  2. Ketuk opsi menu (tiga titik) di kanan atas
  3. Pilih “Pengaturan”
  4. Ketuk Akun > Privasi
  5. Gulir ke bawah dan pilih “Kunci sidik jari”
  6. Aktifkan opsi “buka kunci dengan pemindai sidik jari”
  7. Verifikasi sidik jari Anda

Setelah Anda mengaktifkan kunci sidik jari, Anda harus menggunakan sidik jari Anda untuk membuka kunci WhatsApp setiap kali Anda membukanya. Jadi, pastikan Anda mendaftarkan sidik jari Anda dengan ponsel Anda terlebih dahulu.

Anda juga dapat mengatur timer kapan WhatsApp akan terkunci secara otomatis. Dan jika Anda mengaktifkan “Tampilkan konten di notifikasi”, Anda masih dapat melihat pesan baru di notifikasi Anda bahkan ketika WhatsApp terkunci.

Cara mengaktifkan kunci sidik jari WhatsApp di Android

Pilih lama waktu untuk penguncian sidik jari (segera/setelah 1 menit/setelah 30 menit)

Cara menonaktifkan kunci sidik jari WhatsApp di Android

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Android Anda
  2. Ketuk opsi menu (tiga titik) di kanan atas
  3. Pilih “Pengaturan”
  4. Ketuk Akun > Privasi
  5. Gulir ke bawah dan pilih “Kunci sidik jari”

 

Cara menonaktifkan kunci sidik jari WhatsApp di Android

Nonaktifkan opsi “buka kunci dengan pemindai sidik jari”

Sekarang, kapan pun Anda membuka WhatsApp, Anda akan dapat mengaksesnya tanpa harus menggunakan sidik jari Anda. Perlu diingat, bahwa siapa pun yang memiliki akses ke ponsel Anda juga akan dapat mengakses WhatsApp. Jadi, jika Anda khawatir tentang privasi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyiapkan layar kunci di ponsel Anda.

Cara mengaktifkan kunci sidik jari WhatsApp di iPhone

Sekarang dimungkinkan untuk mengaktifkan kunci sidik jari WhatsApp di iPhone. Ini berarti percakapan WhatsApp Anda akan lebih terlindungi, karena hanya mereka yang memiliki sidik jari Anda yang dapat mengaksesnya.

  1. buka whatsapp
  2. Ketuk tab Pengaturan di kanan bawah layar
  3. Ketuk Akun
  4. privasi terbuka
  5. Sentuh pada kunci layar
  6. Aktif (beralih) Memerlukan Face ID / Memerlukan Touch ID
  7. Pilih durasi waktu untuk Face ID atau Touch ID

Fitur baru ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keamanan percakapan WhatsApp Anda. Pastikan untuk memanfaatkannya agar obrolan Anda tetap aman dan terlindungi.

Cara menonaktifkan kunci sidik jari WhatsApp di iPhone

  1. buka whatsapp
  2. Ketuk tab Pengaturan di kanan bawah layar
  3. Ketuk Akun
  4. privasi terbuka
  5. Sentuh pada kunci layar
  6. Nonaktifkan (beralih) Memerlukan ID Wajah / Memerlukan ID Sentuh

Cara menggunakan kunci aplikasi bawaan ponsel untuk mengunci WhatsApp

Jika Anda ingin menggunakan opsi kunci aplikasi bawaan ponsel, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini. Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan pengguna Android di sini adalah kemampuan untuk membuka WhatsApp menggunakan opsi face unlock. Namun, tidak semua ponsel Android hadir dengan opsi itu.

  1. Buka konfigurasi
  2. Cari “Kunci aplikasi”
  3. Pilih App Lock lalu ketuk opsi “App Lock”.
  4. Verifikasi identitas Anda atau atur pemblokiran jika diminta
  5. Untuk daftar aplikasi, cari WhatsApp
  6. Alihkan opsi di sebelah WhatsApp untuk mengunci WhatsApp dengan pemindai sidik jari

Secara keseluruhan, proses mengunci WhatsApp dengan sidik jari dan ID wajah sangat sederhana dan mudah. Apakah Anda menggunakan Android atau iPhone, prosesnya sama. Yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke pengaturan WhatsApp dan mengaktifkan fitur keamanan. Setelah Anda melakukannya, WhatsApp Anda akan terkunci dan hanya dapat diakses dengan menggunakan sidik jari atau ID wajah Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa pesan WhatsApp Anda aman dan hanya dapat diakses oleh Anda.