Wajib Tahu! Inilah Kiat Manajemen Waktu untuk HRD

Tugas HRD dalam pengelolan karyawan begitu banyak, mulai dari penggajian, rekapitulasi absensi, dan lain-lain. Tugas administratif yang bersifat periodik seperti ini justru seringkali menghambat HRD untuk melakukan tugas lain yang bersifat strategik dan analisis. Tugas administratif dan tugas strategik sama-sama memakan porsi yang sangat penting bagi perkembangan karyawan.

Padahal, efisiensi dan efektifitas kinerja HRD sangat berpengaruh kepada kualitas pengelolaan karyawan. Di tengah padatnya tugas, apa yang bisa HRD lakukan agar semua tugasnya dapat terselesaikan dengan baik? Simak kiat manajemen waktu untuk HRD di bawah ini!

payroll software indonesia

Pahami Prioritas

Ada banyak tugas yang harus-diselesaikan, namun Anda harus mulai dari yang mana? Anda bisa mulai memahami dan menyusun skala prioritas. Kerjakanlah yang paling mudah, baru selesaikan yang paling sulit. Dengan memahami skala prioritas, Anda dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu dan baik.

data-full-width-responsive="true">

Terapkan Teknik Pomodoro

Bekerja secara terus-terusan bisa membuat Anda kelelahan. Alhasil, kualitas kinerja bisa menurun. Agar tidak mudah lelah, Anda bisa menerapkan teknik pomodoro. Caranya cukup mudah. Anda harus bekerja selama 25 menit tanpa distraksi. Setelah 25 menit, Anda bisa istirahat selama 3 – 5 menit. Lanjutkan hingga 4 kali “pomodoro”. Kemudian review hasil kinerja Anda.

Baca juga  3 Cara Mengetahui Password WiFi di Android Tanpa Root

Jauhkan Distraksi

Percaya tidak percaya, notifikasi email dan penggunaan ponsel bisa membuat Anda terdistraksi. Selanjutnya, konsentrasi pun bisa buyar dan pekerjaan Anda akan terbengkalai. Jadi, ada baiknya Anda menjauhkan distraksi. Contohnya, meletakkan ponsel agak jauh dari meja kerja dan bukalah email atau ponsel pada waktu tertentu saja.

Luangkan Waktu untuk Merencanakan

Mungkin terdengar cukup melelahkan jika Anda harus datang lebih awal ke kantor setiap paginya. Akan tetapi, cara ini cukup efektif dalam merencanakan kegiatan setiap hari. Di pagi hari, otak Anda jauh lebih fresh untuk merencanakan apa yang akan dilakukan setiap harinya. 30 menit adalah waktu yang cukup untuk merencanakan apa saja yang akan Anda kerjakan dalam sehari.

Gunakan Bantuan Teknologi

Menggunakan bantuan teknologi bukan berarti menandakan Anda adalah pribadi yang malas, tetapi menggunakan teknologi justru merupakan contoh bahwa Anda dapat bekerja secara efektif dan efisien. Misalkan dalam penggajian bulanan, daripada berkutat dengan cara manual, Anda bisa menggunakan payroll software yang jauh lebih cepat dan akurat dalam memproses gaji bulanan karyawan.

Contoh payroll software yang banyak digunakan oleh perusahaan adalah software dari LinovHR. LinovHR adalah vendor payroll software Indonesia yang sudah berpengalaman dalam membantu penggajian berbagai perusahaan dari macam-macam industri.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan HRD dalam manajemen waktu. Semoga kiat di atas dapat membantu Anda mengelola karyawan jauh lebih baik!

Baca juga  Cara Setting APN Tercepat Internet Semua Operator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *