4 Manfaat Feedback dari Karyawan untuk Perusahaan

Pengelolaan karyawan suatu perusahaan tidaklah selalu berjalan dengan mulus. Pasti ada saja kendala dan ketidakpuasan dari pihak karyawan. Oleh karenanya, feedback atau masukan dari karyawan pun juga sangat penting bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan SDM.

Lalu, apa sebenarnya manfaat feedback dari karyawan untuk perusahaan? Inilah beberapa manfaat feedback tersebut!

Meningkatkan Kinerja Divisi

aplikasi hrd

Ketika karyawan memberikan masukan kepada pihak perusahaan, secara tidak langsung hal tersebut juga akan meningkatkan kinerja tiap divisi. Sebab, perusahaan akan mengkaji ulang mengenai kebijakan pengelolaan karyawan serta workflow yang ada. Dengan begitu tiap lini di perusahaan dapat bekerja lebih produktif dan efisien.

data-full-width-responsive="true">

Meminimalisir Konflik Kinerja

Rasanya hampir tak mungkin dalam suatu perusahaan tidak pernah ada yang namanya konflik kinerja. Hal ini cukup lumrah mengingat kepribadian dan latar belakang karyawan yang berbeda-beda. Namun begitu, alangkah baiknya perusahaan dapat meminimalisir konflik agar lingkungan kerja yang nyaman dapat terpelihara dengan baik.

Dengan mendengarkan serta mempertimbangkan feedback yang diberikan karyawan, perusahaan dapat memahami kondisi karyawan saat ini dan paham apa yang sebenarnya dibutuhkan karyawan. Sehingga konflik pun pada akhirnya dapat diminimalisir.

Menumbuhkan Kepuasan Kerja dan Sense of Belonging

Karyawan dengan kepuasan kerja dan sense of belonging tinggi mempunyai kualitas pekerjaan yang berbeda dibandingkan karyawan yang tidak memiliki atau mempunyai kepuasan kerja rendah.

Baca juga  7 Aplikasi Android untuk Anda yang Ingin Tampil Fashionable

Hal ini perlu menjadi perhatian lebih bagi perusahaan. Perusahaan yang rutin mengadakan survey kepuasan kinerja dan benar-benar mengolah feedback karyawan akan meningkatkan kepuasan kerja yang pada akhirnya juga ikut menumbuhkan sense of belonging.

Meningkatkan Budaya Kerja Positif

Budaya kerja yang positif adalah budaya kerja yang mampu mewadahi serta memfasilitasi karyawan untuk berkarir dan bertumbuh. Dalam hal ini, kualitas pengelolaan karyawan menjadi salah satu faktor bagaimana budaya kerja positif bisa terbentuk salah satunya melalui analisis feedback dari karyawan.

Ada berbagai macam feedback dari karyawan dan jumlahnya pun sering kali membuat dokumen di lemari HRD menggunung. Tentu mengelola dan menghimpun feedback dengan cara manual sudah bukan lagi opsi yang cerdas mengingat kompleksitas tugas HRD yang seharusnya lebih fokus dalam mengembangkan strategi pengelolaan karyawan.

Solusinya, perusahaan dapat menggunakan aplikasi untuk membantu HRD mengelola dan mengumpulkan feedback dari karyawan dalam waktu serentak. Seperti menggunakan Aplikasi HRD dari LinovHR.

Dengan aplikasi HRD LinovHR, HRD lebih mudah dan praktis dalam mengelola feedback karena semua informasi disajikan dalam format digital. Analisis pengembangan karyawan pun bisa berjalan lebih optimal.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat feedback dari karyawan untuk perusahaan. Harap diingat bahwa tidak semua feedback benar-benar berguna bagi perusahaan. Maka, pihak HRD harus paham benar dan selektif dalam mengelola feedback yang masuk.

Baca juga  10 Rekomendasi Aplikasi Android Untuk Cari Jodoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *