Semua yang perlu Anda ketahui

Meskipun berguna, membawa ponsel Anda setiap saat bisa sangat mengganggu, terutama jika Anda terus-menerus menerima notifikasi dan pesan yang mengganggu. Untuk mencegah Anda berinteraksi dengan pemberitahuan ini, ponsel cerdas Android dilengkapi dengan fitur Jangan Ganggu (DND) yang membatasi atau menyembunyikan peringatan yang tidak perlu berdering di perangkat Anda dan mengganggu pekerjaan atau tidur Anda.

Tetapi tidakkah Anda ingin memblokir semua notifikasi tetapi tetap menyediakan beberapa pesan, panggilan, dan aplikasi setiap saat sehingga Anda tidak melewatkan peringatan yang sangat penting itu?

Untungnya, mode DND Android memungkinkan Anda untuk mengatur pengecualian untuk notifikasi yang berbeda, jadi hanya peringatan dari aplikasi dan orang-orang yang disetel ke prioritas tertinggi yang dikirim secara instan dan tidak dibungkam. Dalam posting ini, kami akan membantu Anda mengatur pengecualian untuk mode Jangan Ganggu di Android untuk berbagai notifikasi yang sering Anda terima di ponsel Anda.

Terkait: Android 12: cara melihat semua aplikasi [Easy Fix!]

Cara Mengakses Pengaturan Jangan Ganggu (DND) di Android

Untuk membuat dan mengonfigurasi pengecualian untuk Jangan Ganggu di perangkat Android, Anda harus terlebih dahulu mengetahui cara mengakses opsi tersebut. Untuk mengakses layar Jangan Ganggu, buka Pengaturan aplikasi di perangkat Anda dan pilih suara dan getaran salah satu Pemberitahuan.

Di bawah Suara dan getaran/Pemberitahuan, ketuk Jangan ganggu.

Di layar berikutnya, Anda akan mendapatkan banyak opsi untuk mengonfigurasi cara kerja DND yang Anda inginkan dan mengelola pengecualian untuk kasus penggunaan yang berbeda.

Dari sini, Anda dapat menyesuaikan siapa yang dapat menelepon atau mengirim SMS kepada Anda selama DND, memungkinkan aplikasi yang Anda butuhkan untuk bekerja di DND.

Terkait: Cara Memperbaiki Kesalahan ‘Tidak Ada Kartu SIM’ di Android

Cara mengatur pengecualian untuk percakapan selama DND

Google mengizinkan Anda mengelola pengecualian DND sehingga Anda dapat menerima percakapan tertentu. Untuk mengonfigurasi pengecualian DND dengan cara ini, buka Pengaturan > Suara dan getaran / Pemberitahuan > Jangan ganggu seperti yang telah kami tunjukkan di atas. Di layar ini, sentuh Rakyat di bagian “Apa yang dapat mengganggu Jangan Ganggu”.

Sekarang pilih percakapan.

Di sini, Anda dapat memilih salah satu opsi berikut:

semua percakapan – Ini akan mengaktifkan aplikasi SMS dari semua percakapan masuk Anda.

Percakapan prioritas – Opsi ini hanya akan menyetujui percakapan yang disetel ke prioritas tertinggi.

Tidak ada – Percakapan tidak akan berlangsung saat DND diaktifkan.

Anda dapat memodifikasi pengecualian ini lebih lanjut dengan mengetuk tombol ikon roda gigi di samping Semua Percakapan atau Percakapan Prioritas.

Ini akan memuat layar Percakapan yang mencantumkan semua percakapan Anda yang sedang berlangsung dari aplikasi perpesanan di ponsel Anda. Pilih percakapan/aplikasi yang prioritasnya ingin Anda ubah.

Pada layar berikutnya, pilih prioritas pilihan Anda dari Prioritas, Default, dan Diam. Anda dapat mengulangi ini untuk percakapan dan aplikasi lain yang tercantum dalam Percakapan.

Terkait: Cara mematikan panggilan WiFi di Android [Samsung, Oneplus, and More]

Cara mengatur pengecualian untuk panggilan selama DND

Mirip dengan membuat pengecualian untuk percakapan, Anda juga dapat menambahkan pengecualian untuk panggilan masuk yang Anda terima di ponsel Android Anda. Untuk menetapkan pengecualian untuk panggilan DND, buka Pengaturan > Suara dan getaran / Pemberitahuan > Rakyat > Jangan ganggu. Di layar ini, sentuh panggilan di bagian “Siapa yang dapat mengganggu”.

Di sini, pilih jenis pengecualian yang ingin Anda atur untuk panggilan masuk dari opsi berikut:

Kontak Unggulan – Memilih opsi ini akan memungkinkan panggilan dari kontak yang terdaftar sebagai favorit di aplikasi Telepon. Anda dapat mengonfigurasi lebih lanjut opsi ini dengan mengetuk ikon roda gigi dan menambahkan lebih banyak kontak berbintang.

kontak – Ini akan memungkinkan panggilan dari semua orang yang telah disimpan sebagai kontak di ponsel Anda. Anda dapat mengubah opsi ini untuk menambah atau menghapus kontak dari perangkat Anda.

Setiap – Opsi ini akan memungkinkan panggilan dari siapa saja yang menelepon Anda, bukan hanya mereka yang terdaftar sebagai kontak.

Tidak ada – Memilih opsi ini akan mencegah panggilan dilakukan saat DND diaktifkan.

Di dalam layar ini, Anda dapat mengaktifkan Izinkan panggilan berulang toggle untuk mengizinkan panggilan dari seseorang yang telah menelepon Anda dalam jangka waktu 15 menit.

Opsi ini akan tersedia untuk semua opsi di atas kecuali “Apa saja” karena penelepon tidak diblokir dengan memilih pengaturan ini untuk panggilan.

Cara mengatur pengecualian untuk pesan selama DND

Selain panggilan, Anda dapat mengizinkan pesan dari orang tertentu untuk masuk saat mode DND diaktifkan sehingga Anda tidak melewatkan teks penting dari orang yang Anda cintai pada saat dibutuhkan. Untuk mengatur pengecualian untuk pesan dalam DND, buka Pengaturan aplikasi di Android dan buka Suara dan getaran / Pemberitahuan > Jangan ganggu > Rakyat > Pesan.

Pada layar berikutnya, Anda dapat memilih pesan yang ingin Anda terima selama DND. Pilih opsi yang menurut Anda sesuai untuk mode Jangan Ganggu Anda.

Kontak Unggulan – Ini akan memungkinkan Anda untuk menerima pesan dari semua orang yang telah Anda tandai sebagai favorit di aplikasi Telepon atau Kontak. Anda dapat menyesuaikan kontak berbintang Anda dan menambahkan lebih banyak orang ke daftar ini dengan mengetuk ikon roda gigi di layar ini dan memilih Tambahkan kontak unggulan.

kontak – Opsi ini akan memungkinkan pesan dari semua kontak yang Anda simpan untuk melewati mode DND di perangkat Android Anda.

Setiap – Opsi ini memastikan bahwa pesan tidak diblokir selama mode DND sehingga pesan semua orang diterima secara real time di ponsel Anda tanpa penundaan.

Tidak ada – Opsi ini memblokir semua pesan masuk hingga mode DND dinonaktifkan.

Cara mengatur pengecualian untuk aplikasi selama DND

Sama seperti menelepon dan mengirim pesan kepada orang lain, Anda juga dapat mengizinkan aplikasi tertentu untuk bekerja dan mengirimi Anda pemberitahuan saat Jangan Ganggu diaktifkan. Mode DND Android memungkinkan Anda untuk menambahkan dan menyesuaikan pemberitahuan aplikasi sehingga Anda dapat mengaktifkan bagian dari pemberitahuan aplikasi untuk mencegah orang lain ditampilkan selama Jangan Ganggu.

Untuk mengatur pengecualian untuk aplikasi selama DND, buka Pengaturan aplikasi di Android dan buka Suara dan getaran / Pemberitahuan > Jangan ganggu > Aplikasi.

Untuk menambahkan tambahan pada pengecualian DND, ketuk tambahkan aplikasi.

Dari daftar aplikasi yang muncul di bawah “Pilih aplikasi lainnya”, pilih aplikasi yang notifikasinya ingin Anda izinkan selama DND. Katakanlah, misalnya, Anda ingin mengizinkan beberapa notifikasi dari Instagram. Jadi, gulir ke bawah daftar “Pilih lebih banyak aplikasi” dan pilih Instagram.

Semua jenis pemberitahuan yang tersedia untuk aplikasi yang dipilih sekarang akan muncul di layar berikutnya. Dalam kasus Instagram, Anda dapat mengizinkan semua atau menyesuaikan pemberitahuan aplikasi untuk memiliki peringatan tertentu seperti Komentar, Pesan Langsung, Suka, dan Sebutan untuk muncul selama DND. Katakanlah Anda hanya ingin mengirim pesan dan komentar langsung. Untuk itu, Anda akan mengaktifkan tombol yang berdekatan dengan Komentar dan Instagram Direct.

Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini untuk semua aplikasi dan pemberitahuannya yang ingin Anda izinkan untuk DND. Saat Anda mengaktifkan notifikasi untuk aplikasi di DND, notifikasi tersebut akan muncul di bagian “Aplikasi yang dapat mengganggu”.

Cara menyetel alarm, pengingat, dan pengecualian acara selama DND

Android juga memungkinkan Anda untuk mencegah atau menyetel pengecualian untuk peringatan yang mungkin Anda terima untuk alarm, acara, dan pengingat. Untuk mengonfigurasinya sesuai keinginan Anda, buka Pengaturan aplikasi di Android dan buka Suara dan getaran / Pemberitahuan > Jangan ganggu > Alarm dan gangguan lainnya.

Di layar berikutnya, Anda dapat mengaktifkan/menonaktifkan peringatan untuk berbagai peringatan yang ingin Anda izinkan saat mode DND diaktifkan.

Ini termasuk:

alarm – Mengaktifkan opsi ini akan memungkinkan semua alarm yang telah Anda aktifkan untuk masuk dan berbunyi selama Jangan Ganggu.

suara media – Mengaktifkan ini akan memungkinkan audio, video, dan suara game diputar bahkan di DND.

suara sentuh – Mengaktifkan ini akan memungkinkan tombol dan penekanan tombol terdengar selama DND.

Pengingat – Ini akan memungkinkan pengingat yang telah Anda konfigurasikan untuk lewat.

acara kalender – Pemberitahuan untuk semua acara kalender Anda akan tiba bahkan di DND.

Bergantung pada peringatan yang ingin Anda terima, Anda dapat mengaktifkan sakelar untuk masing-masingnya satu per satu.

Cara mengatur pengecualian khusus untuk periode tertentu

Android juga memungkinkan Anda untuk menetapkan pengecualian yang berbeda untuk waktu yang berbeda dalam sehari bagi Anda yang berinteraksi dengan orang yang berbeda pada waktu yang berbeda dalam sehari. Untuk menetapkan pengecualian untuk periode tertentu, buka Pengaturan aplikasi di Android dan buka Suara dan getaran / Pemberitahuan > Jangan ganggu > Jadwal.

jam dalam ruangan, Pilih jadwal yang ada dari daftar atau buat jadwal baru dengan menyentuh Tambahkan lebih banyak.

Setelah jadwal dibuat atau dipilih, ketuk ikon roda gigi di sebelahnya.

Jadwal yang dipilih akan terbuka di layar berikutnya. Untuk mengatur jadwal ini dengan pengecualian khusus, ketuk Jangan Ganggu Perilaku.

Di layar berikutnya, pilih Buat pengaturan khusus untuk jadwal ini lalu ketuk ikon roda gigi berdekatan dengannya.

Di sini, Anda akan melihat semua perubahan dan pengaturan yang dapat Anda konfigurasikan untuk jadwal DND ini. Anda dapat mengonfigurasi ini mirip dengan cara Anda menyesuaikan pengecualian untuk mode DND default di atas.

Itu saja yang perlu Anda ketahui tentang pengaturan pengecualian untuk mode Jangan Ganggu di Android.