5 Daftar Aplikasi Backup Mac dengan Fitur Lengkap

Posted on

Aplikasi Backup File MacDua Hp, Kehilangan data berharga yang disimpan di komputer atau laptop adalah sebuah mimpi buruk bagi banyak orang di zaman sekarang. Penyebab data hilang bisa karena laptop kena virus, atau hard dive tiba-tiba rusak, atau juga hal-hal lain yang tidak bisa diprediksi.

Maka dari itu diperlukan sebuah tempat penyimpanan cadangan, atau backup. Dengan kamu mempunyai data di dua tempat, maka, jika laptop mu rusak kamu tidak perlu khawatir data penting mu hilang, karena kamu telah menyimpan data tersebut di lain tempat.

Di zaman sekarang ada banyak sekali tempat penyimpanan cadangan sistem awan, artinya kamu tidak perlu menyiapkan hard drive baru untuk mencadangkan file penting mu.

Berikut akan kami jelaskan beberapa aplikasi backup file untuk macOS. Apa saja aplikasi penyimpanan cadangan tersebut?

Advertisement

Daftar Aplikasi Backup File Mac dengan Fitur Lengkap

Aplikasi Backup Mac
Aplikasi Backup File Mac

Simak penjelasan artikel di bawah ini tentang beberapa aplikasi backup mac.

1. Intego Backup Assistant

Aplikasi backup untuk macOS yang satu ini adalah buatan dari LaCie yang merupakan produsen hard drive ternama. Aplikasi ini bisa di unduh gratis oleh semua pengguna mac dan menyediakan berbagai fitur yang terbaik. Aplikasi Intego Backup Assistant menggunakan sistem one way backup yang bisa diatur jadwalnya dan didukung dengan sistem incremental backups. Kamu bisa membuat dua folder untuk backup data yang bisa kamu sinkronasikan, agar kamu bisa membackup secara rutin dan otomatis. Selain itu, masih banyak fitur-fitur berguna yang bisa kamu eksplor sendiri.

Baca juga  8 Hp Termahal di Indonesia yang Terbukti Canggih dan Berkelas
Advertisement

2. Time Machine

Aplikasi ini bisa menyimpan data kamu secara otomatis. Cara yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan cadangan file kedalam aplikasi Time Machine adalah dengan kamu memasang hard drive mu dan aktifkan aplikasi Time Machine, maka dengan otomatis aplikasi tersebut akan menyimpan semua data kamu secara sistematis dan keseluruhan. Aplikasi Time Machine tidak bisa dibilang sempurna, karena pengguna aplikasi ini tidak dapat mengontrol sepenuhnya kapan dan bagaimana backup akan dilakukan. Tampilan interface aplikasi ini pun tidak terlalu interaktif, terdapat banyak bug yang mengganggu aktivitas pencarian file backup. Justru malah hal itu menyulitkan para pengguna nya. Kamu bisa menggunakan Time Machine sebagai tempat awal penyimpanan cadangan file mu dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan atau hal-hal yang menyulitkan, kamu bisa menggunakan aplikasi lain untuk menyimpan file penting mu.

3. FreeFile Sync

Aplikasi FreeFile Sync dirancang untuk menyimpan atau mencadangkan file secara spesifik dengan lebih mudah. Kamu bisa menggunakan fitur sinkronisasi dua arah dan memperbaharui folder penyimpanan tersebut supaya cocok dengan folder yang lain. Aplikasi ini sangat berguna dan efektif untuk menyimpan file yang spesifik, namun kurang efektif jika kamu gunakan untuk menyimpan atau membackup data secara keseluruhan. Karena aplikasi ini tidak dirancang untuk membackup file secara keseluruhan.

4. SuperDuper!

Aplikasi SuperDuper! ini memiliki dua versi, yang berbayar dan gratis. Kamu bisa menggunakan fitur-fitur utama di aplikasi ini secara gratis. Kamu bisa membackup file mu secara keseluruhan dan kekurangannya adalah kamu harus mengulangi hal itu dari awal lagi jika ingin membackup file lain.

5. iBackup

Aplikasi ini dirancang untuk para pemula, sehingga akan memudahkan pemula untuk melakukan backup secara mudah. Aplikasi ini menggunakan struktur home macOS sebagai struktur utama dalam backup sehingga akan memudahkan kamu melakukan backup file tertentu dengan mudah. iBackup juga memungkinkan kamu menyimpan system preferences dan system file dari macOS.

Baca juga  Harga HP iPhone

Itulah beberapa aplikasi backup file untuk macOS beserta kegunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *