Home » Pilihan Editor » iPhone 7 vs Samsung Galaxy S7, Pilih yang Mana?

iPhone 7 vs Samsung Galaxy S7, Pilih yang Mana?

Advertisement

Tahun 2017 adalah tahun yang penuh persaingan di dunia smartphone dimana dua brand terbesar bersama-sama meluncurkan produk terbaru dengan fitur-fitur terdepan saat itu, iPhone 7 vs Samsung Galaxy S7. iPhone 7 dianggap sebagai ponsel pintar paling kontroversial yang pernah diluncurkan Apple, sedangkan Galaxy S7 digadang sebagai ponsel pintar terbaik yang diluncurkan oleh Samsung. Kedua smartphone ini sama canggihnya sehingga banyak orang yang bingung mau pilih yang mana.

iphone 7 vs samsung galaxy s7

iphone 7 vs samsung galaxy s7

Bagi Anda yang sedang dalam dilema memilih iPhone 7 atau Samsung Galaxy S7, berikut perbandingan spesifikasi antara kedua ponsel pintar ini.

Desain

Desain iPhone 7 masih tampak menawan seperti biasanya, namun sayangnya tidak ada perubahan desain dari iPhone seri sebelumnya, iPhone 6. Berat iPhone S7 hanya sebesar 138 gram. Untuk pertama kalinya Apple meluncurkan iPhone dengan beberapa pilihan warna yaitu Silver, Rose Gold, Gold, Black, dan Jet Black. Semua warna berjenis matte, hanya Jet Black yang tersedia glossy. Sidik jari, debu, dan goresan lebih tampak di Jet Black glossy dibandingkan dengan yang Black matte.

Samsung Galaxy S7 berukuran lebih besar daripada iPhone 7 dengan beratnya yang lebih besar juga yaitu 152 gram. Ponsel ini bermaterial kaca di depan dan belakang dengan sisi-sisinya dilapisi metal. Material kaca memang membuat desain Galaxy S7 tampak menarik tapi sayangnya membuat S7 gampang retak. Banyak pengguna S7 yang mengeluh dengan keretakan di bagian belakang ponsel. Samsung Galaxy S7 tersedia juga dengan berbagai pilihan warna yaitu White, Black, Gold, Pink Gold, dan Silver.

Baik iPhone 7 maupun Samsung Galaxy S7 tahan terhadap air, namun dengan spesifikasi yang sedikit berbeda. iPhone 7 memiliki sertifikat IP67 yang berarti ponsel ini bisa bertahan di bawah siraman hujan dan air shower. Samsung Galaxy S7 memiliki sertifikat IP68 yang berarti ponsel ini tidak hanya tahan terhadap hujan dan shower, namun juga tahan di kedalaman air 1,5 meter selama 30 menit. Kedua ponsel ini tidak dirancang untuk tahan terhadap air laut. Jadi Anda perlu hati-hati membawanya saat piknik di pantai.

Layar

Layar Samsung Galaxy S7 adalah Super AMOLED berukuran 5,1 inchi. Resolusi layar Galaxy S7 sebesar 1,440 x 2,560 pixel dengan kedalaman pixel mencapai 577 ppi. Rasio antara layar dengan badan ponsel cukup besar yaitu 72,1% membuat layar tampak lebih besar. Layar S7 ini sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 4 membuat layar tidak mudah pecah saat jatuh dari kantong baju. Samsung Galaxy S7 memiliki fitur layar terbaru yaitu always-on seting. Fitur akan selalu menampilkan tanggal, jam, dan notifikasi di layar sehingga Anda tidak perlu bolak-balik menekan tombol On untuk mengaktifkan layar.

Layar iPhone 7 berukuran lebih kecil dari Samsung Galaxy S7 yaitu 4.7 inchi yang membuat resolusi layar iPhone 7 juga lebih kecil yaitu 1,334 x 750 pixel. Walaupun begitu, penyebaran pixelnya merata hingga ke ujung-ujung terkecil layar sehingga layar iPhone 7 tidak tampak berbeda dengan layar ponsel yang berukuran 5.1 inchi. Selain itu keanekaragaman warna iPhone 7 sudah lebih dikembangkan dari seri iPhone 6. Hal ini akan tampak jelas saat Anda melihat-lihat koleksi foto atau saat menonton film dari hp.

Kinerja dan Audio

Advertisement
Baca juga  HP Android Kamera 13 MP murah 1-2 Jutaan

Ada dua macam prosesor yang disematkan di Samsung Galaxy S7 tergantung negara mana Anda membelinya. Di Inggris dan sekitarnya prosesor yang dipakai adalah octa-core Exynos 8890 dengan Mali –T880 MP12 GPU, sedangkan di Amerika Serikat dan sekitarnya prosesor yang dipakai adalah Qualcomm Snapdragon 820 quad-core dengan Adreno 530 GPU. Di Indonesia sendiri, Samsung Galaxy S7 yang beredar adalah yang quad-core Snapdragon 820. S7 dipadukan dengan 4GB RAM dan media penyimpanan sebesar 32GB atau 64GB. Tersedia juga slot MicroSD yang mampu mensuport hingga 256GB.

Chipset yang dipakai iPhone 7 dan iPhone 7 Plus adalah quad-core A10 fusion 64-bit. Kecepatan A10 fusion ini 40% lebih cepat dari A9 dan dua kali lebih cepat dari A8. Kinerja grafis dari A10 dua kali lebih cepat dari A9 dan tiga kali lebih cepat dari A8. Prosesor iPhone 7 ini dilengkapi dengan 2GB RAM. Prosesor iPhone 7 vs Samsung Galaxy S7 tidak jauh berbeda. Keduanya mampu menjalankan aplikasi-aplikasi yang berat dan yang menuntut grafis tinggi dengan mudah.

Speaker audio iPhone 7 lebih jernih dibandingkan dengan Samsung Galaxy S7, tapi sayangnya iPhone 7 sudah tidak dilengkapi dengan headphone jack. Samsung Galaxy S7 masih memiliki headphone jack sehingga para pengguna S7 ini masih bisa menikmati musik dengan menggunakan headphone berkabel.

Operating System (OS)

OS yang digunakan Samsung Galaxy S7 yaitu Android Marshmallow 6.0.1. Android Marshmallow merupakan Android keluaran terbaru. Sebelum Android Nougat 7.0 dikeluarkan awal tahun 2017, bisa dibilang Android Marshmallow adalah OS Android yang paling termutakhir, jadi performa Galaxy S7 sudah sangat mantap.

OS yang digunakan iPhone 7 adalah iOS 10. iOS 10 adalah OS teranyar yang dikeluarkan Apple dengan beberapa perkembangan terbaru seperti fitur 3D Touch yang bisa digunakan oleh para developer. iOS 10 ini bisa disinkronisasikan dengan gadget Apple lainnya seperti MacBook Pro dan Apple TV.

Tidak ada yang lebih unggul dari kedua OS ini karena performa Android Marshmallow dan iOS 10 tidak jauh berbeda. Pemilihan OS ini lebih berdasarkan kesukaan dan kenyamanan saat memakainya bagi para pengguna.

Kamera

Samsung Galaxy S7 memiliki kamera belakang 12MP dengan bukaan f/1,7 dan dilengkapi dengan lampu flash LED, phase-detection autofocus, dan optical image stabilization (OIS).  Kamera depan yang terdapat di S7 berukuran 5MP dengan bukaan f/1,7 dan mode auto-HDR. Kamera Galaxy S7 ini tersemat teknologi Dual Pixel yang membuat kamera lebih cepat fokus.

iPhone 7 memiliki kamera belakang 12MP dengan bukaan f/1.8 yang juga dilengkapi dengan lampu flash LED. Kamera depannya berukuran 7MP. Performa kamera serta video rekaman dari kedua ponsel ini sama mumpuninya. Perbedaan hasilnya dari kedua ponsel ini mungkin ditentukan oleh pencahayaan alami dari objek yang difoto.

Baterai

Baterai yang dipakai Samsung Galaxy S7 adalah baterai lithium dengan kapasitas 3000mAh. Baterai ponsel ini mampu bertahan hingga 22 jam waktu bicara dan 62 jam untuk memutar music. Saat dipakai bermain game atau video streaming, Galaxy S7 bisa bertahan hingga 8 jam. Baterai S7 tidak bisa dilepas pasang secara manual. Dengan fitur quick-charge, pengisian daya baterai dari 0% sampai penuh hanya membutuhkan waktu 1 jam 15 menit.

Kapasitas baterai iPhone 7 tidak disebutkan jumlah tepatnya, namun Apple menyebutkan bahwa masa baterai iPhone 7 lebih panjang 2 jam daripada pendahulunya iPhone 6S. Untuk dipakai bermain game atau video streaming, baterai iPhone 7 hanya mampu bertahan selama 6 jam. Dengan fitur quick-charge, pengisian baterai membutuhkan waktu 1.5 jam sampai terisi penuh.

Nah, setelah melihat faktor-faktor iPhone 7 vs Samsung Galaxy S7 di atas, apa pilihan Anda?

Advertisement
Baca juga  Harga Samsung Galaxy C7 Pro

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *